Turki dan Palestina Sepakati Sejumlah Program Budaya

Turki dan Palestina Sepakati Sejumlah Program Budaya
(Ilustrasi: Al-Monitor)

Ramallah, AAI - Rabu (10/2), Menteri Kebudayaan Turki, Mehmet Ersoy dan Menteri Kebudayaan Palestina, Atef Abu Saif, menyepakati sejumlah program budaya dan partisipasinya dalam kegiatan di Bethlehem (Bayt Lahm, Palestina) sebagai Ibu Kota Budaya Arab 2021.

Palestina seharusnya merayakan ‘Ibu Kota Budaya Arab’ pada tahun lalu. Namun Kementerian Kebudayaan mengumumkan penundaan dikarenakan pandemi Covid-19. Agenda tersebut rencananya akan dihadiri 20 menteri kebudayaan berbagai Negara Arab, para penyair, dan organisasi budaya internasional lainnya.

Kementerian Kebudayaan Palestina mengatakan bahwa para Menteri Kebudayaan Turki dan Palestina melakukan pertemuan melalui platform Zoom, dan mereka menyetujui “proyek-proyek yang terkait dengan pertukaran budaya antara kedua negara, pertukaran pengalaman dan kunjungan , dan pembentukan tim teknis untuk menindaklanjuti hal yang telah disepakati.”

Kementerian mengindikasikan bahwa hal ini ditujukan untuk menyediakan iklim budaya dan infrastruktur yang dapat merangkul berbagai inisiatif budaya.

Menteri Kebudayaan Palestina Abu Saif, dalam pertemuan tersebut menunjukkan “kedalaman hubungan antara kedua Negara, dukungan berkelanjutan dari Turki untuk Palestina di semua tingkatnya, dan pentingnya melanjutkan kerjasama antara kedua belah pihak.”

Pada gilirannya, menurut Kementerian Kebudayaan Palestina, Menteri Kebudayaan Turki Ersoy menekankan “kelanjutan kerja sama antara kedua negara, dan dukungan dengan cara melayani budaya Palestina dan mendukung infrastruktur di sektor tersebut.” (T/S: Anadolu)