Setelah UEA, Trump Kembali Umumkan Normalisasi Israel Dengan Bahrain

Setelah UEA, Trump Kembali Umumkan Normalisasi Israel Dengan Bahrain

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali mengumumkan pada Jumat (11/9) bahwa Bahrain dan Israel telah mencapai kesepakatan normalisasi hubungan antara mereka. Kedua belah pihak sepakat menjadikan Manama ibu kota Teluk kedua untuk membangun hubungan politik dengan Tel Aviv de, setelah Uni Emirat Arab.

Dalam Twitter miliknya pada Jumat (11/9) Trum menulis, Terobosan bersejarah lainnya hari ini terjadi antara Bahrain dengan Israel, dimana keduanya telah sepakat untuk melakukan normalisasi hubungan diplomatik, perdagangan dan ekonomi, tulisnya.

Dia menambahkan, Bahrain adalah negara Arab kedua yang berdamai dengan Israel dalam 30 hari terakhir, setelah UEA yang diumumkan Presiden AS pada 13 Agustus lalu. Kedua negara sepakat melakukan normalisasi hubungan secara total.

Sementara itu, sebelumnya Ophir Gendman, juru bicara Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan, yang terakhir mengumumkan niat untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Israel adalah Kerajaan Bahrain.

Bahrain termasuk di antara negara-negara Arab yang dikunjungi Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, seperti Sudan, Emirates dan Kesultanan Oman pada beberapa pekan lalu untuk memperdalam normalisasi.

Pada tanggal 31 Agustus lalu, pesawat Israel pertama mendarat di bandara Abu Dhabi pada penerbangan komersial langsung yang pertama, membawa delegasi Israel-Amerika yang dipimpin oleh menantu Presiden AS dan penasihat senior Jared Kushner. (asy/pip)

Sumber : Pusat Infromasi Palestina