Saudi Secara Resmi Buka Jalur Udara Bagi Pesawat Israel

Saudi Secara Resmi Buka Jalur Udara Bagi Pesawat Israel

Kerajaan Arab Saudi, Senin (30/11) menyetujui secara resmi wilayah udaranya digunakan untuk penerbangan pesawat Israel dalam perjalanan menuju Emirat, yang telah menyepakati normalisasi dengan entitas zionis.

Surat kabar Yediot Ahronot Israel melaporkan, penerbangan pertama menuju Dubai akan dilakukan pada Selasa ini, yang bertolak dari bandara Ben Gurion, Tel Aviv timur, seperti dilansir kantor berita Shafa.

Disebutkan bahwa penerbangan sebelumnya ditunda, menunggu persetujuan Saudi untuk membuka jalur udaranya bagi pesawat Israel.

Surat kabar Israel menjelaskan, persetujuan akhirnya diberikan setelah adanya tekanan dari penasehat Presiden Amerika, Gherad Kuchner dan Avi Brokvitz terhadap otoritas Saudi.

Emirat melakukan normalisasi dengan penjajah zionis pada pertengahan September lalu di Gedung Putih yang disusul Bahrain, dengan sponsor utama Presiden Donald Trump.

Kemudian pemerintah transisi Sudan melakukan hal yang sama pada Oktober lalu.

Kebijakan normalisasi mendapat kecaman luas dari kalangan otoritas dan faksi-faksi Palestina, yang dianggap sebagai pengkhianatan terhadap perjuangan bangsa Palestina. (mq/pip)

Sumber : Pusat Informasi Palestina