Polisi Israel Lukai dan Tangkap Demonstran Palestina di Umm Al-Fahm

Polisi Israel Lukai dan Tangkap Demonstran Palestina di Umm Al-Fahm

Al-Quds, AAI - Sejumlah warga Palestina terluka, dan 4 lainnya ditangkap, pada hari Jumat (26/2) di kota Umm al-Fahm, utara Tepi Barat Palestina, sebagai akibat dari serangan polisi Israel terhadap demonstrasi yang mengecam tingginya angka kriminalitas.

Selama tujuh pekan berturut-turut, puluhan warga Palestina berdemonstrasi di kota Umm Al-Fahm, mereka membawa isu kriminalitas yang terus berlanjut. Para demonstran mengatakan bahwa “polisi Israel lamban dalam menanggulangi kasus pembunuhan dan pengumpulan senjata ilegal.”

Para demonstran membawa spanduk besar yang bertuliskan, “Kami meminta polisi (Israel) untuk mengungkap para penjahat dan menuntut mereka,” dengan meneriakkan slogan-slogan yang menentang tindakan kriminal.

Pasukan polisi Israel berjumlah besar yang berada di daerah tersebut menggunakan air dan bom suara untuk membubarkan para demonstran.

Melansir dari Anadolu, polisi Israel mengatakan dalam pernyataan tertulis bahwa “Sejumlah pengunjuk rasa melakukan tindakan berbahaya dan mengganggu ketertiban. Mereka  berupaya memblokir pintu masuk kota dan melemparkan batu ke arah petugas kepolisian hingga mengakibatkan seorang polisi terluka.” Polisi menambahkan mereka telah menangkap empat tersangka yang mengganggu ketertiban.

Sementara itu, saksi mata di lokasi kejadian mengatakan sejumlah demonstran terluka akibat pemukulan oleh aparat kepolisian.

Ratusan warga Palestina sudah menggelar aksi unjuk rasa selama 7 pekan berturut setiap hari Jum’at, khususnya di kota Umm Al-Fahm, untuk memprotes tingginya angka kriminalitas di sana. (T/S: Anadolu)