Pekan Global Al-Quds Ingatkan Kaum Muslimin Urgensi Masjid Al-Aqsa

Kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran dunia atas apa yang terjadi di Palestina di bawah penjajahan Israel

Pekan Global Al-Quds Ingatkan Kaum Muslimin Urgensi Masjid Al-Aqsa

Jakarta, AAI - Pekan Global Al-Quds pada tahun ini, yang jatuh pada pekan terakhir bulan Rajab (tanggal 24-30) setiap tahunnya, bertepatan dengan 8-14 maret 2021. Kampanye ini merupakan inisiasi para ulama, aktivis dan pemimpin dunia Islam yang diikuti oleh 25 negara dan 50 lembaga lainnya.

Pekan Global Al-Quds bertujuan untuk meningkatkan kesadaran umat muslim dan dunia atas krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina di bawah penjajah Israel, khususnya di Al-Quds di mana kiblat pertama umat Islam, Masjid Al-Aqsa, berada.

Dalam sejarahnya, pada pekan ini terdapat dua peristiwa penting yang berkaitan dengan Masjid Al-Aqsa dalam kalender umat Islam. Yang pertama adalah peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad Saw, yang terjadi pada tanggal 27 Rajab. Dalam peristiwa tersebut Nabi Muhammad Saw. diperjalankan oleh Allah Swt. dari Masjidil Haram di Makkah, menuju Masjid Al-Aqsa di Al-Quds dan selanjutnya menuju Sidratul Muntaha untuk menerima perintah shalat lima waktu.

Peristiwa penting selanjutnya adalah pembebasan Al-Quds dan Masjidil Aqsa oleh Shalahuddin Al-Ayyubi dari cengkraman tentara salib. Setelah perjuangan yang panjang, pada 25 Rajab 583 H, Shalahuddin berhasil merobohkan benteng Al-Quds. Dan berselang 3 hari setelahnya, pada 28 Rajab, Raja Balian menyatakan kekalahannya dan menyerahkan Al-Quds beserta Masjid Al-Aqsa kepada Shalahuddin.

Dalam rangka turut berpartisipasi dalam Pekan Global Al-Quds ini, AlQuds Amaanati Indonesia (AAI) akan mengadakan webinar yang bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj pada Kamis (11/3) mendatang. Agenda tersebut rencananya akan mengundang narasumber Ketua Ikatan Dai Indonesia, Prof. Dr. Ahmad Satori Ismail, dan juga pembicara asal Palestina, Dr. Najwa Karakesh. (t/aai)