Pasukan Israel Menghancurkan Saluran Air Milik Warga Palestina di Tepi Barat

Saluran air tersebut mengalir untuk melayani 500 warga Palestina

Pasukan Israel Menghancurkan Saluran Air Milik Warga Palestina di Tepi Barat

Tepi Barat, AAI - Pada Selasa kemarin (6/7), pasukan penjajah Israel menghancurkan jaringan utilitas berupa saluran air yang melayani sekitar 500 warga Palestina di selatan Tepi Barat.

Koordinator Komite Perlindungan dan Ketahanan Hebron Selatan dan Masafer Yatta, Fuad Al-‘Amour, mengatakan bahwa pasukan militer Israel menyerbu kawasan Masafer Yatta di selatan Hebron yang masuk dalam klasifikasi ‘Area C’. Setelah itu mereka mulai menghancurkan saluran air di sana menggunakan alat berat mereka.

Ia menambahkan, otoritas penjajah Israel mengklaim bahwa jaringan air yang melayani sekitar 500 warga Palestina tersebut tidak memiliki izin.

Fuad pun mengecam pembongkaran tersebut seraya mengatakan, “Israel memerangi warga Palestina dengan segala cara, bahkan dengan merampas air minum mereka.”

 

Otoritas penjajah Israel melarang pembangunan atau reklamasi tanah di kawasan yang diklasifikasikan sebagai ‘Area C’ menurut Perjanjian Oslo 2 tahun 1995, padahal ‘Area C’ ini memiliki luas 60 persen dari total luas wilayah Tepi Barat Palestina.

Perjanjian Oslo 2 ditanda tangani oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan penjajah Israel. Perjanjian tersebut mengklasifikasikan tanah Tepi Barat menjadi tiga (3) area:

‘Area A’ di bawah kendali penuh Palestina. ‘Area B’, keamananan di bawah kendali Israel dan kendali sipil serta administratif di bawah Palestina. ‘Area C’ di bawah kendali penuh Israel, baik keamanan, sipil hingga administratif. (T/S: Anadolu)