Pameran di Gaza Hadir dengan Tema ‘Palestina: Tanah dan Bangsa’

Pameran diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Tanah Palestina

Pameran di Gaza Hadir dengan Tema ‘Palestina: Tanah dan Bangsa’

Gaza, AAI - Pameran seni rupa di Gaza, Palestina, mengusung tema ‘Palestina: Tanah dan Bangsa’. Pameran tersebut dibuka pada Senin (29/3) dan diikuti oleh 75 seniman Palestina.

Pameran yang mencakup lebih dari 270 lukisan ini diselenggarakan oleh Asosiasi Penulis Arab, bekerjasama dengan Christian Youth Society; di Kota Gaza, dengan partisipasi 75 seniman Palestina. Pameran tersebut berlangsung selama 3 hari, bertepatan dengan peringatan 45 tahun Hari Tanah Palestina (30 Maret 2021).

“Pesan yang ingin kami sampaikan dari pameran ini ke seluruh dunia adalah bahwa kami (bangsa Palestina) memiliki hak atas tanah kami yang dicuri oleh penjajah Israel,” ucap seniman Saeed Al-Saudi, yang merupakan Direktur Eksekutif pameran tersebut.

“Pameran ini, melalui lukisan-lukisannya, mencerminkan budaya dan warisan nasional Palestina, cinta tanah air dan kebebasan, serta peran besar perempuan Palestina dalam masyarakat,” tambahnya.

Al-Saudi mengungkapkan bahwa seniman Palestina melalui lukisan mereka mengekspresikan apa yang menjadi hak mereka untuk kembali ke tanah yang dicuri oleh Israel, dan menggambarkan perlawanan mereka terhadap penjajahan Israel dengan cat dan warna di atas kanvas.

Ia menekankan, “Seniman Palestina, melalui kuasnya, akan melestarikan dan mempertahankan warisan dan tanah Palestina yang dicuri oleh penjajah Israel.”

Bangsa Palestina memperingati ‘Hari Tanah’ setiap tahunnya pada tanggal 30 Maret, yang dimulai pada tahun 1976. Saat itu Otoritas Israel mengambil alih sebagian besar tanah Palestina yang mereka jajah, hingga menyebabkan demonstrasi yang mengakibatkan luka-luka dan jatuhnya para syuhada. (T/S: Anadolu)