Palestina Sambut Tahun Baru Hijriah dengan Menghidupkan Masjid Al-Aqsa

Perayaan akan diisi dengan tilawah Al-Qur'an, kajian sirah dan nasyid Islami

Palestina Sambut Tahun Baru Hijriah dengan Menghidupkan Masjid Al-Aqsa

Al-Quds, AAI - Direktur Masjid Al-Aqsa Sheikh Omar Al-Kiswani pada Ahad kemarin (8/8) meminta warga Palestina untuk berziarah ke Masjid Al-Aqsa dan melakukan ribath di dalamnya pada Senin pagi untuk memperingati akhir tahun 1442 H serta Tahun Baru Hijriah 1443.

Ia pun mengajak semua orang agar dapat berziarah ke Masjid Al-Aqsa dan merayakan momen Tahun Baru Hijriah ini.

Sheikh Omar mengatakan bahwa hari Senin merupakan hari yang bertepatan dengan Tahun Baru Hijriah, peringatan tersebut akan dilaksanakan di Masjid Al-Aqsa dan akan dimulai pada pukul setengah sebelas pagi waktu setempat.

Perayaan di Masjid Al-Aqsa tersebut akan diisi dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, kajian sirah nabawi tentang hijrah Nabi Saw dari Sheikh Yusuf Abu Sneineh serta nasyid-nasyid Islami.

Direktur Masjid Al-Aqsa mengungkapkan harapannya agar ini menjadi tahun penuh kebaikan dan keberkahan serta tahun kemenangan bagi umat Islam dalam membebaskan Masjid Al-Aqsa.

Masjid Al-Aqsa menjadi sasaran serangkangan serangan panjang Israel. Jumlah pemukim yang menyerbu Al-Aqsa meningkat setiap tahunnya, pada tahun 2016 terdapat 14.000 pemukim Zionis menyerbu Masjid Al-Aqsa dan pada tahun 2020 jumlah pemukim Zionis yang menyerbu bertambah menjadi 18.526.

 

Masjid Al-Aqsa merupakan situs suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Ia merupakan kiblat pertama dan masjid suci ketiga umat Islam. Al-Aqsa juga tempat Isra dan Mi’raj nya Nabi Muhammad Saw.

Luas keseluruhan Masjid Al-Aqsa adalah 14,4 hektar. Di dalamnya terdapat banyak ruang untuk shalat. Ruang shalat yang paling utama adalah Masjid Al-Qibly, yang dibangun oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan dan diselesaikan oleh puteranya Al-Walid antara tahun 86 dan 96 H (705 dan 714 M), kemudian Masjid Kubah Emas yang dibangun pada tahun 72 H (691 M).

Sebelumnya Mufti Palestina Sheikh  Mohammad Hussein pada hari Ahad mengumumkan bahwa hari Senin (9/8) merupakan hari terakhir Dzul Hijjah tahun 1442 H dan hari Selasa (10/8) merupakan awal bulan Muharram 1443 H. (T/S: felesteen)