Warga Palestina Memasuki Tahun ke 40 di Balik Penjara israel

Palestina 48, AAI – Seorang pria Palestina yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh otoritas penjajah kini telah memasuki tahun ke 40 di balik penjara israel.


Maher Younes, yang kini berusia 64 tahun, ditangkap oleh pasukan israel di kota Ara, Palestina utara, pada 18 Januari 1983 setelah berhasil membunuh seorang tentara israel, sebagaimana diungkap oleh Asosiasi Tahanan Palestina (PPS). 


Lembaga sosial yang mengadvokasi hak-hak tahanan Palestina di penjara israel itu mengatakan, setelah upaya hukum yang kuat, pihak berwenang israel pada September 2012 menetapkan hukuman seumur hidupnya selama 40 tahun, yang berarti kini ia sedang menjalani tahun terakhirnya di dalam penjara.


PPS mencatat, otoritas israel sebelumnya menolak untuk memasukkan Maher ke daftar tahanan Palestina yang diajukan dalam kesepakatan pertukaran tahanan.


Menurut mereka, 25 warga Palestina telah mendekam di dalam penjara israel sebelum terjadinya penandatangan Perjanjian Damai Oslo antara Organisasi Pembebasan Palestina dan israel di tahun 1993.


LSM Palestina memperkirakan sekitar 4.600 tahanan Palestina telah ditahan di dalam penjara-penjara israel.


Maher Youner lahir pada 9 Januari 1958, di desa Ara, utara Palestina. Saat ini ia mendekam di dalam penjara israel di Gurun Negev, selatan Palestina 48 yang kini berada di bawah kekuasaan penuh israel. (T/S: Anadolu, RT Online)