Emma Watson Tunjukkan Solidaritas untuk Perjuangan Palestina

London, AAI – Melalui akun instagram pribadinya, aktris kenamaan asal Inggris Emma Watson menunjukkan solidaritasnya untuk Palestina dalam sebuah postingan terbaru. Dukungan Emma ini mendapat simpati luas dari para aktivis pro-Palestina.


Aktris yang dikenal dengan perannya sebagai Hermione Ganger dalam franchise film Harry Potter itu pada Senin kemarin (3/1), membagikan sebuah foto aksi demonstrasi damai pro-Palestina dengan sebuah kalimat terpampang yang berbunyi ‘Solidarity is a verb’ (Solidaritas adalah sebuah kata kerja).


Gambar itu awalnya diunggah oleh gerakan Bad Activism Collective pada bulan Mei 2021 setelah Israel melakukan agresi militer mematikan ke Jalur Gaza selama 11 hari. Pada saat itu sejumlah tokoh dan selebriti dunia turut mengkritisi agresi Israel, seperti Bella Hadid dan Susan Sarandon, dengan postingan mereka yang juga mendukung warga Palestina.


Dalam keterangannya, Emma menambahkan kutipan pernyataan dari seorang aktivis Inggris-Australis, Sara Ahmed:


“Solidaritas tidaklah mengasumsikan perjuangan kita adalah perjuangan yang sama, atau rasa sakit kita adalah rasa sakit yang sama, atau harapan kita adalah untuk masa depan yang sama,


“Solidaritas melibatkan komitmen dan kerja, serta pengakuan bahwa bahkan jika kita tidak memiliki perasaan yang sama, atau kehidupan yang sama, atau tubuh yang sama, kita semua tetaplah hidup di atas landasan yang sama.”


Dalam bio akunnya, tertulis ‘Instagram resmi Emma telah diambil alih oleh gerakan anonim Feminist Collective’.


Unggahan tersebut, yang hingga Kamis ini telah disukai oleh lebih dari 1,3 juta pengguna dan mendapat lebih dari 131 ribu komentar, mendapat pujian dari para pengguna media sosial pro-Palestina. Banyak dari mereka yang mengucapkan terima kasih kepada Emma atas dukungannya kepada Palestina, dan beberapa di antaranya menambahkan tagar #FreePalestine dan #PalestineWillBeFree di komentar mereka. (T/S: Days of Palestine)