Kisahkan Kehidupannya, Sheikh Ikrimah Sabri Luncurkan Buku Biografi

Al-Quds, AAI – Imam Besar Masjid Al-Aqsa Sheikh Ikrimah Sabri pada hari Selasa (16/11) meluncurkan buku biografinya yang berjudul ‘Mahatthaat Min Siiratii wa Jawlaatii (Perhentian dan Perjalanan Hidupku)’.


Peluncuran buku tersebut diselenggarakan di Museum Warisan Palestina, yang terletak di timur kota Al-Quds, dan dihadiri oleh puluhan peserta.


“Buku ini adalah permintaan dari banyak teman yang berkata pada saya: ‘Hidupmu penuh dengan lika-liku, jadi mana dokumentasinya?’” ucap Sheikh Ikrimah saat mempresentasikan biografinya tersebut.


“Memang terdapat beberapa peristiwa yang tidak saya cantumkan, terutama tentang perjalanan saya di luar Palestina. Jadi saya menyusun, mengumpulkan dan merangkum sebisa mungkin dalam beberapa perhentian, dan setiap perhentiannya mengandung banyak makna,” tambahnya.


Buku bigorafi itu diterbitkan oleh percetakan Dar Al-Ulum Al-Arabiyah di Beirut, Lebanon, dan terdiri dari 6 bab.


Bab pertama merupakan kisah masa kecil dan awal kehidupannya, bab kedua menceritakan perhentian dan perjalanan hidup Sheikh Ikrimah.


Selanjutnya di bab ketiga, buku tersebut memuat perjalanan Sheikh Ikrimah yang berpartisipasi dalam berbagai konferensi dan seminar di luar Palestina, di mana ia membagikan kabar mengenai apa yang terjadi di Palestina pada umumnya, dan di kota Al-Quds serta Masjid Al-Aqsa secara khusus.


Bagian keempat mengisahkan keanggotaan Sheikh Ikrimah dalam perkumpulan ulama dan organisasi internasional, di mana ia menjadi salah satu pendiri dari beberapa institusi tersebut. Sedangkan bab kelima memuat berbagai kutipan dari khutbah Jum’at nya dan artikel pekanan tentang berbagai topik dan bidang.


Bab akhir biografi berisikan kesaksian tokoh terhadap pribadi Sheikh Ikrimah, mulai dari para akademisi, ulama dan sahabatnya. Ditambah pula dengan lampiran tentang demonstrasi membela Al-Aqsa yang menolak pemasangan gerbang elektronik Israel di sana, serta tentang bagaimana Sheikh Ikrimah diusir oleh Israel dari Masjid Al-Aqsa dan beberapa potret dari beberapa jenjang kehidupannya.


Sebelumnya Sheikh Ikrimah telah menulis banyak buku, di antaranya ‘Al-Islaam Wa Al-Ayyaam Al-'Aalamiyyah (Islam dan Hari Internasional)’, ‘Al-Yamiin Fii Al-Qadhaa Al-Islamii (Sumpah dalam Peradilan Islam)’ dan ‘Ru’aa Wa Mawaa’izh Maqdiisiyyah’. (T/S: Anadolu, Shehab News)