Palestina Tuding israel Lakukan Kejahatan di Negev

Negev, AAI – Otoritas Palestina pada hari Rabu (12/1) menuduh israel telah melakukan kejahatan terhadap warga Palestina di wilayah Negev.


“Kejahatan penjajah israel di Negev adalah perpanjangan dari perangnya terhadap kehadiran warga Arab Palestina,” kata Kementerian Luar Negeri dalam pernyataannya.


Kemenlu Palestina mengutuk dalam keras kejahatan keji yang dilakukan oleh pasukan penjajah israel terhadap warga Arab Palestina di Negev, tanah beserta properti mereka.


Mereka juga mengecam penindasan, pelecehan dan perataan tanah dengan buldoser yang terus menerus dijalankan israel selama dua hari berturut-turut.


Penduduk Palestina di Negev telah melayangkan beberapa protes terhadap pembongkaran tanah mereka oleh lembaga Zionis, The Jewish National Fund, sebelum akhirnya disita olehnya.


Pada Selasa lalu, pasukan penjajah israel menangkap sebanyak 16 warga sipil Palestina, di antaranya seorang anak di bawah umur dan 3 wanita, dari desa Al-Atrash di Gurun Negev.


The Jewish National Fund didirikan sebagai organisasi zionis nirlaba pada tahun 1901, dengan tujuan mengumpulkan uang dari orang-orang Yahudi di seluruh penjuru dunia untuk membeli tanah di Palestina.


Adapun Negev merupakan wilayah padang pasir yang letaknya di sebelah selatan Palestina yang tanahnya sudah dikuasai oleh israel. Negev meliputi wilayah seluas 13 ribu kilometer persegi atau sekitar setengah  dari luas keseluruhan wilayah Palestina. (T/S: Anadolu, The Palestine Chronocle)