Finlandia Gulirkan 2 Juta Euro untuk Bantu Operasional Rumah Sakit Al-Quds

Al-Quds, AAI – Finlandia memberikan bantuan sebesar 2 juta euro (32 miliar rupiah) untuk mendukung cakupan rujukan medis ke rumah sakit di kota Al-Quds yang diduduki. Bantuan ini disalurkan melalui mekanisme PEGASE berupa dukungan finansial langsung kepada Otoritas Palestina melalui Uni Eropa.


“Rumah sakit Al-Quds Timur adalah salah satu dari sedikit institusi Palestina yang masih beropersasi di sana dan menyediakan layanan perawatan kesehatan mendasar berkualitas tinggi yang tidak tersedia di tempat lainnya di Palestina,” ucap Perwakilan Uni Eropa, Sven Kühn von Burgsdorff, sebagaimana dirilis pada Rabu (29/12).


“Di tengah pandemi corona dan efeknya yang belum pernah terjadi sebelumnya pada kesejahteraan warga Palestina, rumah sakit ini telah memainkan peranan penting sebagai bagian integral dari sektor kesehatan Palestina,” tambahnya.


Burgsdorff juga menjelaskan, Uni Eropa dan negara-negara anggotanya mendukung rumah sakit di kota Al-Quds untuk memastikan bahwa mereka akan terus melayani pasien warga Palestina dari seluruh penjuru wilayah Palestina yang diduduki.


Oleh karenanya, Uni Eropa akan membantu melestarikan identitas Palestina di Al-Quds, yang sehari-hari menghadapi bayang-bayang proyek penjajahan israel yang sedang berlansgung.


Kantor Perwakilan Uni Eropa di Palestina dalam sebuah pernyatannya mengisyaratkan dukungan ini akan membantu otoritas Palestina untuk memenuhi kewajibannya terhadap rumah sakit di Al-Quds, terlebih dengan adanya krisis keuangan yang sedang berlangsung dan dampak sosial serta ekonomi akibat pandemi corona. 


Dukungan ini diproyeksikan akan turut membantu rumah sakit untuk mempertahankan layanan medis mendasar bagi warga Palestina, baik di Tepi Barat maupun yang berdatangan dari Jalur Gaza.


Uni Eropa, beserta para negara anggotanya, telah mendukung otoritas Palestina sejak 2012 dengan bantuan rutin guna menutupi biaya rujukan ke rumah sakit Al-Quds, yang sejak saat itu hingga kini nilainya telah melebihi 140 juta euro (2,25 triliun rupiah). 


Sementar itu Diplomat Finlandia, Pavi Peltokowski mengatakan bahwa negaranya akan terus berkomitmen untuk mendukung layanan kesehatan dan medis berkualitas tinggi bagi warga Palestina dari Al-Quds, Gaza dan Tepi Barat.


“Dukungan keuangan langsung melalui mekanisme PEGASE menciptakan stabilitas dan meningkatkan angka kehidupan keluarga Palestina yang membutuhkan layanan kesehatan khusus,” tambahnya. (T/S: Safa, EU)