Media Israel : Delegasi Sudan Berencana Kunjungi Israel

Media Israel : Delegasi Sudan Berencana Kunjungi Israel

Channel “Can” Israel merilis informasi, Ahad (11/10) bahwa sejumlah komunikasi intensif terkait hubungan normalisasi tengah berlangsung, termasuk persiapan kunjungan delegasi Sudan terdiri dari 40 tokoh nasional ke Israel pada akhir November mendatang.

Koresponden canel Israel menyatakan, delegasi terdiri dari olah ragawan, seniman dan pengusaha. Disebutkan bahwa mantan anggota parlemen dan pengusaha Sudan, Abul Qasim Bartom merupakan pihak yang berada di balik inisiatif ini.

Dalam wawancaranya dengan canel Israel, Bartom mengatakan bahwa saat ini tengah dilakukan komunikasi intensif non formal di Israel, terkait inisiatif kunjungan ini. disebutkannya bahwa kordinasi juga tengah dilakukan dengan otoritas di Kartoum, namun aturan local tidak melarang kunjungan seperti ini.

Disebutkan bahwa kunjungan ini ditujukan untuk mematahkan penghalang mental di kalangan warga Sudan dan Israel.

Mantan anggota paremen Sudan menyerukan kepada pejabat Israel untuk memberikan ijin bagi kunjungan ini. Menurutnya, kunjungan seperti ini bisa mendekatkan antara kedua bangsa. Dan tidak ada permusuhan antara Israel dan Sudan, ungkapnya.

Di lain pihak, Menlu Sudan, Umar Qamarudin menegaskan, bahwa hubungan Kartoum dan Israel masih bisa didiskusikan, dan Sudan akan melakukan hal yang bisa memberikan manfaat bagi kepentingan nasional.

Menteri mengatakan kepada canel Perancis 24, “Hubungan dengan Israel masih bisa diperdebatkan, namun hal ini tidak ada kaitannya agar Sudan dicabut dari daftar teroris versi Amerika. Meski kami tengah berupaya menghapus Sudan dari daftar ini, dan kami tidak memiliki hubungan dalam hal ini dengan Israel, ungkapnya. (mq/pip)

Sumber : Pusat Informasi Palestina