Lentera Ramadhan Menyinari Kota-Kota Palestina

Lentera Ramadhan Menyinari Kota-Kota Palestina
Lentera Raksasa di Alun-Alun Yasser Arafat (Foto: Anadolu)

Ramallah, AAI - Pada Senin (12/4) malam di Ramallah, Tepi Barat Palestina, berlangsung acara penyalaan lentera raksasa yang didirikan di alun-alun mendiang Presiden Palestina Yasser Arafat, bertepatan dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Acara tersebut diiringi tabuhan genderang, lagu-lagu religi serta shalawat atas Nabi Saw dan dihadiri secara tebatas oleh warga Palestina.

Lentera tersebut dinamakan Fanoos dan merupakan tradisi tahunan yang telah berlangsung bertahun-tahun lamanya.

Kota-kota lainnya di Tepi Barat Palestina juga dihias dan didekorasi sebagai persiapan menjalani bulan Ramadhan tahun ini. Jalan-jalan dan rumah di sana dihiasi dengan tali-temali dan lentera yang cerah.

Dalam sambutannya di sela acara, Walikota Ramallah, Musa Hadid mengatakan, “Perayaan ini merupakan tradisi tahunan dan akan terus berlangsung selamanya. Meski saat ini perayaannya terbatas pada khalayak kecil, namun kota ini memiliki simbolisme seperti … menyalakan lentera Ramadhan dan merayakan hari raya keagamaan dan nasional.”

Pemerintah Palestina telah mengeluarkan serangkaian panduan sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus corona di bulan Ramadhan tahun ini, seperti pentingnya memakai masker dan menjaga jarak sosial. (T/S: Anadolu)