Komite PBB Terima Aduan Palestina Atas Rasisme Israel

Komite PBB Terima Aduan Palestina Atas Rasisme Israel

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Maliki mengatakan pada Sabtu (23/01), bahwa Komite PBB yang mengkhususkan diri dalam memerangi rasisme telah menerima untuk mempertimbangkan pengaduan yang diajukan oleh Pemerintah Palestina terhadap rasisme Israel.

Ia menambahkan, dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Palestina, pengaduan itu disampaikan Pemerintah Palestina sekitar dua tahun lalu kepada Komite Penghapusan Diskriminasi Rasial PBB.

"Kami mengajuan aduan, kemudian terdapat pembelaan dari pihak kami (Pemerintah Palestina) dan pihak Israel. Dan kami menunggu sampai komite terkait menyetujui pengaduan tersebut. Sekarang kami memiliki pengaduan yang telah disetujui untuk dipertimbangkan," imbuh Al-Maliki tanpa merinci tanggal penerimaan aduan. Ia pun mengatakan pihaknya terus mengawasi perkembangan dan tindak lanjut pengaduan tersebut.

Sebelumnya, organiasi HAM non-pemerintah Israel, B’Tselem, menyebutkan dalam laporannya bahwa “rezim Israel berusaha untuk merealisasi dan mempertahankan supremasi Yahudi di wilayah yang membentang dari Sungai Yordania hingga Laut Mediterania,” mengacu pada tanah Palestina yang bersejarah. Mereka pun menyebut Israel sebagai “negara apartheid” atas diskriminasinya terhadap warga Palestina. (T.AAI/S: Anadolu)