Kecam Ancaman Pembongkaran, Warga Palestina Serukan Sholat Jum’at Bersama di Silwan

Otoritas penjajah Israel telah melayangkan 6.817 surat perintah pembongkaran kepada keluarga Palestina di Silwan

Kecam Ancaman Pembongkaran, Warga Palestina Serukan Sholat Jum’at Bersama di Silwan

Al-Quds, AAI - Warga Palestina di Silwan, kota Al-Quds menyerukan Shalat Jum’at bersama pada esok hari (6/8) di area Batn Al-Hawa sebagai bentuk protes atas kebijakan diskriminatif penjajah Israel yang memutuskan untuk membongkar banyak rumah warga Palestina di sana.

Warga Palestina di Silwan menjelaskan, langkah ini diambil untuk mengecam perintah otoritas Israel di Al-Quds yang ingin mengosongkan dan menghancurkan rumah mereka yang berada di sana.

Baru-baru ini, tim dari otoritas Israel di Al-Quds telah melayangkan 6.817 surat perintah pembongkaran kepada keluarga Palestina di Silwan, ditambah perintah penggusuran 53 bangunan tempat tinggal di Batn Al-Hawa untuk kepentingan pemukim Zionis.

Warga Palestina di enam kawasan di dalam Silwan terancam menjadi korban pembersihan etnis yang dijalankan penjajah Israel. Mereka terancam digusur paksa, terlebih 40 persen rumah warga Palestina di sana menjadi sasaran pembongkaran paksa dengan dalih bahwa bangunan yang mereka dirikan itu tidak memiliki izin yang dikeluarkan oleh pihak Israel.

Bersamaan dengan seruan tersebut, pasukan Israel pada Kamis pagi (5/8) menangkap enam warga Palestina dari Silwan. Dua bersaudara Palestina ditangkap setelah rumahnya yang berada di Jalan Al-Bustan diserbu pasukan Israel, kemudian dibawa ke Penjara Al-Maskobiya.

Sementara empat warga Palestina lainnya juga ditangkap di area Batn Al-Hawa di dalam Silwan.

Organisasi pemukim Zionis Ateret Cohanim telah lama berupaya untuk menguasai 5.200 meter persegi tanah di pusat Batn Al-HAwa. Mereka mengklaim bahwa tanah tersebut adalah milik orang-orang Yahudi dari Yaman sejak 1881. (T/S: Safa News)