Israel Perintahkan Penghancuran Dua Apartemen di Al-Quds

Israel Perintahkan Penghancuran Dua Apartemen di Al-Quds

Hari Rabu (30/09/2020), otoritas pendudukan penjajah Israel menyampaikan surat pemberitahuan yang isinya perintah pembongkaran dua rumah apartemen milik keluarga Abu Mayala di kampung Ras al-Amud di Silwan, selatan Masjid Al-Aqsha, di kota suci al-Quds.

Keluarga tersebut melaporkan bahwa pemerintah kota pendudukan penjajah Israel di al-Quds telah menyerahkan dua surat kepada dua bersaudara Amer dan Ammar Abu Mayala untuk menghancurkan dua rumah apartemen mereka, yang masing-masing terletak di atas lahan seluas 60 meter, dengan alasan tidak memiliki izin.

Beberapa warga al-Quds terpaksa menghancurkan rumah mereka sendiri, apabila perintah pembongkaran Israel sudah dikeluarkan untuk mereka. Agar mereka tidak dikenakan biaya besar ketika pembongkaran dilakukan oleh pihak pasukan penjajah Israel.

Sejak pendudukan kota al-Quds pada tahun 1967, pendudukan penjajah Israel telah menghancurkan lebih dari 1.900 rumah Palestina di al-Quds. Mereka juga telah menerapkan kebijakan rasis secara sistematis terhadap warga al-Quds. Tujuannya adalah untuk menguasai al-Quds, melakukan yahudisasi dan mencekik warganya. Hal itu dilakukan melalui serangkaian keputusan dan langkah sewenang-wenang yang memengaruhi semua aspek kehidupan sehari-hari warga al-Quds.

Di antara langkah-langkah rasis yang dilakukan penjajah Israel adalah menghancurkan rumah-rumah dan fasilitas warga Palestina setelah membuat banyak hambatan dan rintangan yang harus dihadapi warga Palestina untuk bisa mendapatkan izin bangunan bagi warga al-Quds.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kehadiran penduduk Palestina di kota tersebut. Di mana penjajah Israel menerapkan sistem yang membatasi pemberian izin bangunan bagi warga al-Quds dan harus melalalui birokrasi yang rumit dan ketat, butuh wakwa bertahun untuk sampai pada tahab akhir.

Pada saat otoritas pendudukan penjajah Israel menghancurkan rumah-rumah Palestina, mereka menyetujui izin pembangunan untuk ribuan unit rumah Yahudi di permukiman-permukiman Israel yang dibangun di atas tanah al-Quds. (was/pip)

Sumber : Pusat Informasi Palestina