Israel Hancurkan 8 Fasilitas Komersial Warga Palestina di Al-Quds

Akibatnya puluhan keluarga Palestina kehilangan tempat bekerja mereka

Israel Hancurkan 8 Fasilitas Komersial Warga Palestina di Al-Quds

Al-Quds, AAI - Pasukan penjajah Israel pada Rabu pagi (4/8) menghancurkan sedikitnya 8 fasilitas komersial berupa toko yang dimiliki oleh warga Palestina di Himza, sebelah timur laut kota Al-Quds.

Sumber lokal melaporkan, pasukan Israel mengepung sebuah area di dekat pos pemeriksaan militer di Hizma sebelum menghancurkan fasilitas yang dimiliki oleh keluarga Palestina Al-Khatib tersebut. Akibatnya puluhan keluarga Palestina kehilangan tempat mereka mencari nafkah.

Sebelumnya, pada dua bulan yang lalu, Pengadilan Pusat Israel di kota Al-Quds telah menolak permohonan yang diajukan oleh organisasi pemukim Zionis ‘Rajabim’ untuk menghancurkan fasilitas yang ada di Hizma tersebut.

Namun otoritas penjajah Israel tanpa bisa dipercaya mengeluarkan kembali keputusan baru untuk operasi penghancuran dan menjalannya hanya dalam kurun waktu 8 jam.

“Hal ini menunjukkan bahwa Pengadilan dan Organiasasi Pemukim Israel layaknya dua sisi koin.  Mereka berdua sangatlah lihai dalam menipu warga Palestina,” ucap pengacara Palestina Medhat Dhiba Merespon keputusan sepihak tersebut.

Diketahui Rajabim dalam beberapa bulan terakhir telah mengajukan petisi yang mereka tujukan kepada Pengadilan Pusat Israel di Al-Quds untuk menghancurkan 16 fasilitas milik keluarga Al-Khatab di Hizma. Mereka mengklaim bahwa fasilitas tersebut berada di dalam batas kota Israel di Al-Quds.

Kota Hizma terletak di pusat Tepi Barat Palestina. Kota itu juga menghubungkan jalan dari utara menuju selatan Tepi Barat. Hizma diketahui menjadi sasaran serangan yang terus dilancarkan oleh pasukan penjajah Israel. Mereka menekan dan menangkap warga Palestina yang tinggal di sana, bahkan merampas serta menghancurkan kememilikan dan tanah warga Palestina untuk kepentingan pemukim Zionis.

Hazma dikelilingi oleh pemukiman Zionis dari segala penjuru. Di sebelah utara ia berhadapan dengan pemukiman Geva Binyamin Adam. Di sebelah barat berhadapan dengan pemukiman Neve Yaakov dan Pisgat Ze’ev, sementara di timur terdapat pemukiman Anatut dan juga tembok militer Israel yang didirikan antara tahun 2004 hingga 2006 dan telah merenggut ratusan hektar tanah Hizma. (T/S: Paltimeps)