Gantz Berupaya Legalkan 1.700 Unit Permukiman Baru Yahudi

Gantz Berupaya Legalkan 1.700 Unit Permukiman Baru Yahudi

Surat kabar Israel Yediot Aharonot edisi Rabu (11/11/2020) mengungkapkan bahwa Menteri Militer Penjajah Israel, Benny Gantz, baru-baru ini berusaha untuk melegalkan keberadaan 1700 unit permukiman baru Yahudi di Tepi Barat.

Menurut Yediot Aharonot, ini merupakan upaya dari partai "Putih-Biru" yang dipimpin oleh Gantz untuk memenangkan hati para pemukim Yahudi dengan berusaha memutihkan dan melegalkan keberadaan 1.700 unit permukiman liar yang dibangun di atas tanah Palestina.

Menurut surat kabar tersebut, Gantz berusaha untuk mengkompromikan status hukum unit-unit rumah permukiman Yahudi baru tersebut dan mengubahnya menjadi unit-unit yang legal dari sudut pandang penjajah Israel.

Saat ini ada pembicaraan tentang rumah-rumah yang dibangun untuk para pemukim pendatang Yahudi menunggu untuk diubah menjadi "legal" dengan mengaktifkan pasal dalam undang-undang penjajah Israel bernama "klausul pasar" tanpa perlu membuat undang-undang baru.

Klausul "pasar" yang disebutkan di atas memungkinkan bagi para pemukim pendatang Yahudi untuk dengan mudah mendaftarkan tanah yang dikuasainya.

Surat kabar tersebut mengatakan bahwa tindakan tersebut mencakup unit-unit permukiman Yahudi di kompleks permukiman Yahudi Beitar Illit, Modi'in Illit, Ma'ale Adumim, Ariel, Yitzhar, Ateret, Halamish, Adura dan Antaniel.

Sejak menduduki Tepi Barat, otoritas pendudukan penjajah Israel telah berusaha untuk mencaplok dan melakukan yahudisasi Lembah Yordan di Palestina, yang terletak di sebuah reservoir air yang sangat besar.

Lembah Yordan adalah keranjang makanan Palestina, merupakan wilayah yang paling terpengaruh oleh proyek aneksasi, yang akan melahap puluhan ribu acre tanah pertanian.

Beberapa daerah di Tepi Barat, terutama di Lembah Yordan dan desa-desa yang berdekatan dengan permukiman-permukiman Yahudi terus diserang dengan tujuan untuk menyita lebih banyak lagi tanah Palestina, membangun jalan lintas untuk permukiman Yahudi, dan menggusur penduduk aslinya.

Menurut rencana Israel, ada perluasan melalui pembangunan 25.000 unit permukiman Yahudi selama dekade berikutnya. Patut dicatat bahwa permukiman Yahudi meningkat 8 kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya. Rencana penjajah Israel adalah untuk meningkatkan jumlah para pemukim Yahudi di Tepi Barat menjadi satu juta pemukim selama beberapa tahun ke depan. (was/pip)

Sumber : Pusat Informasi Palestina