Faksi-Faksi Palestina Tandatangani Code of Honor di Kairo Jelang Pemilu Mendatang

Faksi-Faksi Palestina Tandatangani Code of Honor di Kairo Jelang Pemilu Mendatang

Kairo, AAI - Faksi-faksi Palestina yang berpartisipasi dalam pemilihan umum mendatang menandatangani Kode Kehormatan (Code of Honor), pada hari Senin (15/3) di Kairo, yang menjamin keberhasilan dan pelaksanaan proses pemilihan tanpa hambatan.

Dalam pertemuannya di Kairo, faksi-faksi, termasuk gerakan Fatah dan Hamas, berjanji akan mematuhi peraturan, instruksi, dan keputusan yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum Palestina terkait pelaksanaan proses pemilu di berbagai tahapannya dengan cara yang berintegritas dan transparan.

Mereka setuju untuk menghormati peran pengamat lokal, Arab dan internasional, serta berjanji untuk bekerja sama dengan mereka dalam menjalankan peran pemantauan mereka.

Para pihak berkomitmen untuk tidak melakukan segala bentuk tekanan, intimidasi, pengkhianatan, penistaan agama, kekerasan, atau segala bentuk pemerasan terhadap para kandidat atau pun para pemilih.

Mereka berjanji akan mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Palestina dalam rangka menghadapi pandemi virus corona.

Para pihak juga berjanji tidak akan mengadakan acara yang berkaitan dengan pemilu, atau menggunakan tempat ibadah, langsung atau tidak langsung, dalam kampanye pemilu.

Delegasi faksi politik Palestina, Dewan Nasional, dan Komite Pemilu Pusat pada hari Rabu kemarin (17/3) melanjutkan pertemuan dialog nasional.

Pertemuan yang berlangsung dua hari itu membahas beberapa isu penting terkait pemilu Palestina yang akan dating. Isu yang paling menonjol di antaranya adalah mengatasi kendala yang dihadapi pemilu dan memberi pengarahan kepada faksi-faksi tentang perkembangan terkini terkait pemilu, yang dianggap sebagai pintu gerbang untuk mencapai persatuan nasional yang komprehensif.

Pemilihan legislatif Palestina direncanakan pada 22 Mei 2021, pemilihan presiden pada 31 Juli 2021, dan pemilihan Dewan Nasional Palestina pada 31 Agustus 2021. (T/S: Palestine Chronicle)