Corona Meningkat, Sejumlah Kota Di Gaza Lockdown

Corona Meningkat, Sejumlah Kota Di Gaza Lockdown

Kementerian kesehatan di Gaza, Rabu (23/9) menginformasikan kasus positif terbaru covid 19 mencapai 73 kasus dalam 24 jam, sedangkan kasus sembuh 90 orang setelah memeriksa 2099 sample.

Dalam laporan harian terkait wabah corona di Gaza, kementerian kesehatan menjelaskan bahwa data keseluruhan posotif covid 19 sejak Maret lalu mencapai 2518 kasus.

Kondisi reaktif sampai saat ini dalam perawatan mencapai 1763 kasus, sementara kasus sembuh mencapai 738, dan kasus meninggal mencapai 17 orang sejak awal wabah covid 19 masuk ke Gaza.

Sedangkan kasus meninggal mencapai 17 orang, seperti dilaporkan kementerian kesehatan.

Terkait peningkatan kasus covid 19 ini, kementerian dalam negeri menginformasikan pengetatan prosedur dan penutupan sejumlah kawasan, di Gaza city dan Gaza utara, untuk menanggulangi penyebaran virus ini.

Dalam rilis yang diterima Pusat Informasi Palestina, Selasa kemarin, disebutkan bahwa prosedur ketat kembali diberlakukan seiring adanya peningkatan kasus corona di Gaza.

Pengetatan prosedur dan penutupan diberlakukan di kawasan kamp Jabaiya, provinsi Gaza utara, dan membaginya menjadi 4 zona, disebabkan tingginya jumlah kasus positif di sana.

Kementerian dalam negeri menyerukan kepada warga kamp Jabalia untuk membatasi pergerakan, dan komitmen penuh dengan prosedur keselamatan dan pencegahan, sehingga penyebaran virus bisa terkendali.

Selain itu, prosedur pengetatan juga diberlakukan di kawasan Turkman, Gaza timur, dan membaginya menjadi 4 zona. Dan menyerukan kepada segenap warga untuk membatasi pergerakan, di sebabkan tingginya penyebaran virus di sana, di samping meningkatnya prosentase kerumunan.

Pengetatan prosedur ini diberlakukan di dua provinsi, Gaza dan Gaza utara, dan mengisolasinya dari semua provinsi lainnya.

Disebutkan juga perpanjangan larangan kerumunan di semua provinsi, dan menyerukan kepada warga untuk komitmen dengan semua protokol kesehatan dan pencegahan, hingga tidak perlu melakukan lockdown kembali.

Dalam konteks ini, tempat wisata pantai juga ditutup bagi para turis di semua provinsi.

Aparat keamanan khusus telah disiapkan untuk menerapkan sanksi hukum bagi para pihak yang melakukan pelanggaran.

Sebelumnya kementerian kesehatan di Gaza menginformasikan 45 kasus positif baru corona di Gaza dalam rentang 24 jam, sehingga jumlah keseluruhan mencapai 2445 kasus. (mq/pip)

Sumber : Pusat Informasi Palestina