Buldoser Israel Hancurkan Rumah Keluarga Palestina di Silwan, Al-Quds

Akibatnya 12 warga Palestina kehilangan tempat tinggal mereka

Buldoser Israel Hancurkan Rumah Keluarga Palestina di Silwan, Al-Quds

Al-Quds, AAI - Buldoser penjajah Israel pada hari Selasa (10/8) menghancurkan sebuah rumah milik keluarga Palestina di Silwan, Al-Quds, tepatnya di sebelah selatan Masjid Al-Aqsa, dengan dalih rumah tersebut dibangun tanpa ada izin.

Sejak pagi hari, sejumlah besar pasukan Israel disertai dengan beberapa buldoser dan otoritas penjajah Israel di kota Al-Quds menyerbu kawasan Bi’r Ayoub di Silwan, dalam persiapan guna menghancurkan rumah milik keluarga Odeh tersebut di sana.

Anggota Komite Pertahanan Wilayah Silwan, Khaled Abu Tayeh mengatakan bahwa pasukan Israel menyerbu Bi’r Ayoub dan menutup jalan akses menuju ke sana. Mereka juga mencegat warga Palestina yang berusaha mendekati Bi’r Ayoub, utamanya ke area rumah milik dua warga Palestina bersaudara, Rama dan Ali Odeh.

Pasukan Israel pun memaksa keluarga Odeh untuk mengosongkan isi rumah yang terdiri dari dua lantai itu, dan kemudian buldoser mereka memulai upaya pembongkaran yang mengakibatkan 12 warga Palestina kehilangan tempat tinggalnya.

Hingga kini, otoritas penjajah Israel di kota Al-Quds telah melayangkan 6.817 surat perintah pembongkaran atas rumah-rumah milik warga Palestina di Silwan, ditambah perintah penggusuran paksa 53 rumah di kawasan Batn Al-Hawa untuk kepentingan pemukim Zionis.

Enam lingkungan Silwan menghadapi resiko pembongkaran dan penggusuran paksa setiap saat, karena lebih dari 40% bangunan di sana terancam dihancurkan dengan dalih didirikan secara Ilegal.

Organisasi pemukim Zionis Ateret Cohanim berusaha untuk menguasai 5.200 meter persegi tanah di pusat Batn Al-Hawa. Mereka mengklaim tanah tersebut telah lama dimiliki oleh orang-orang Yahudi dari Yaman sejak tahun 1881.

Warga Palestina di Silwan terus mengecam eskalasi penghancuran rumah. Di antara mereka bahkan ada yang dipaksa untuk menghancurkan rumah mereka sendiri dengan alasan yang dibuat-buat oleh Israel. Mereka pun meminta komunitas internasional untuk menghentikan keputusan penjajah Israel yang bertujuan untuk menggusur dan menghncurkan rumah mereka.

Silwan memiliki area seluas 564 hektar. Terdiri dari 12 lingkungan yang dihuni oleh 58.500 warga Palestina. Terdapat pula 78 pos pemukiman Israel dengan 2.800 pemukim ilegal Zionis. (T/S: Safa, Al-Quds Al-Arabi)