60 Kebakaran Terjadi di Permukiman Zionis Akibat Balon Helium

60 Kebakaran Terjadi di Permukiman Zionis Akibat Balon Helium

Situs surat kabar Ibrani "Yediot Aharonot" melaporkan malam ini (11/8) terjadi 60 titik kebakaran di wilayah permukiman serambi Jalur Gaza, akibat balon helium yang diluncurkan dari Jalur Gaza.

Surat kabar tersebut menunjukkan, jumlah kebakaran hari ini masih banyak yang tidak tercatat bahkan pada puncaknya kembali terjadi sebagaimana terjadi pada 2018 dan 2019 yang lalu. Dan kebakaran ini sungguh luar biasa belum pernah terjadi sebelumnya.

Dia menunjukkan, selama beberapa hari terakhir, api melahap lebih dari 2.000 acre di wilayah permukiman "Al-Ghafaf". Puluhan balon membawa bahan bakar dan bahan peledak yang jatuh menimbulkan kebakaran di mana-mana.

Dalam kaitan ini, situs Ibrani 0404 yang mengutip pernyataan seorang pejabat keamanan Israel mengatakan, "Hamas telah melakukan kesalahan besar dengan menggunakan balon pembakar dalam aksinya."

Pejabat itu menambahkan, tentaranya akan merespon keras akibat aksi Jalur Gaza dengan meluncurkan balon pembakar yang menyebabkan puluhan rumah dan areal kebakaran.

Ia melanjutkan, "Reaksi kali ini akan keras dan berbeda dari apa yang mereka ketahui  sebelumnya selama ini.

Menurut situs Israel, Tentara Israel telah mengadakan konsultasi selama beberapa jam terakhir untuk merespon kebakaran dan keputusannya akan segera diambil, ungkapnya. (asy/pip).

Sumber : Pusat Informasi Palestina