3 Orang Luka Akibat Bentrokan Dengan Zionis di Timur Ramallah

3 Orang Luka Akibat Bentrokan Dengan Zionis di Timur Ramallah

Tiga pemuda terluka parah, pada Ahad (29/11) akibat bentrokan yang meletus antara pasukan Zionis dengan warga Palestina di timur Ramallah.

Sumber Palestina melaporkan, tiga pemuda itu terkena peluru Israel, salah satunya di dada dan lainya dalam kondisi berbahaya saat konfrontasi yang pecah antara pemuda dan tentara pendudukan Zionis di pinggiran pemukiman Psagot yang terletak di tanah Palestina di sebelah timur Al-Bireh.

Sumber medis menyatakan, pemuda yang terluka parah itu adalah Emir Bilad (19 tahun) dia dibawa bersama satu orang yang terluka lainnya ke Kompleks Medis Palestina di Ramallah untuk dirawat.

Pemukiman "Psagot" didirikan pada tahun 1968 di puncak sebuah gunung bernama Jabal Al-Tawil, sebelah timur Al-Bireh.

Pemukim Zionis mulai mengambil alih wilayah tersebut dengan membangun koloni dan karavan kecil, kemudian berkembang menjadi pemukiman yang berisi pabrik untuk pembuatan alat-alat plastik, membentang di lebih dari ratusan dunam (ribuan meter) menempati tanah wargap secara ilegal.

Dengan bertambahnya populasi Al-Bireh maka penduduk kota tersebut bertambah menjadi 86.000 orang. Psagot merupakan rumah bagi sekitar 1.800 pemukim telah melampaui perluasan pemukiman dari sisi timurnya.

Pasukan Zionis melakukan serangkaian serangan ke kota-kota Tepi Barat, diselingi dengan penangkapan warga dan serangan terhadap warga dan properti mereka. (asy/pip)

Sumber : Pusat Informasi Palestina