25 Persen Yahudi Amerika Sepakat Israel Negara Apartheid

Berdasarkan survei terhadap 800 responden Yahudi di Amerika Serikat

25 Persen Yahudi Amerika Sepakat Israel Negara Apartheid

Washington, AAI - Sebuah survei di Amerika Serikat yang rilis pada Selsasa kemarin (13/7) menunjukkan seperempat warga Yahudi di AS setuju  bahwa Israel adalah negara apartheid yang melakukan genosida terhadap Palestina.

Survei tersebut dijalankan oleh lembaga Jewish Electorate Institute yang seluruh respondennya, sebanyak 800 orang, adalah warga Yahudi AS.

Hasil survei mengungkap sebanyak 34 persen responden setuju bahwa ‘perlakuan Israel terhadap Palestina mirip dengan rasisme di Amerika Serikat’, 25 persen mendukung setuju ‘Israel adalah negara apartheid’ dan 22 persen setuju bahwa ‘Israel melakukan genosida terhadap Palestina.’

Ketika ditanya tentang solusi dua negara, 61 persen responden mendukungnya, sementara 19 persen mendukung pencaplokan Tepi Barat dan 20 persen mendukung ‘pendirian negara tunggal, non-Yahudi dan non-Palestina’ yang mencakup area Israel, Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Survei menunjukkan bahwa pendapat responden Yahudi AS terbagi pada isu-isu kontroversial yang berkenaan dengan Israel dan apa yang dianggap antisemit ketika menyangkut kritik terhadap kebijakan Israel.

Survei dilakukan dari 28 Juni hingga 1 Juli 2021 secara online dan offline. Hasil survei diterbitkan melalui situs web Jewish Electorate Institute, dengan margin of error secara keseluruhan sebesar 3.5 persen. (T/S: Middle East Eye, Shehab News)