15 Tahun Syahidnya Mujahid Brigade Izzuddin Al-Qassam, Tsabit Salahudin

15 Tahun Syahidnya Mujahid Brigade Izzuddin Al-Qassam, Tsabit Salahudin

Ahad (17/01/2021) kemarin bertepatan dengan peringatan 15 tahun syahidnya Komandan Brigade Izzuddin Al-Qassam, Ir. Tsabit Mahmud Salahudin. Ia bangkit menuju kesyahidannya setelah terlibat dalam bentrokan bersenjata melawan tentara pendudukan zionis saat ia berada di sebuah gedung tempat ia berlindung.

Selasa (17 Januari 2001) dini hari, Tsabit Salahudin syahid di usianya yang ke 24 tahun. 

Dalam kegelapan malam, puluhan kendaraan militer yang didukung pesawat pengintai dan helikopter Apache merayap menuju kota Tulkarm, menyerbu dari beberapa sisi kota dengan jumlah total kendaraan lebih dari 30 unit.

Pasukan khusus Israel mengepung sebuah gedung di lingkungan barat Tulkarm, di mana Tsabit Salahudin bersembunyi. Pada saat pasukan pendudukan tersebut meminta melalui pengeras suara agar para penghuni gedung mengevakuasi diri mereka, Tsabit telah menyelesaikan persiapannya untuk syahid.

Segera setelah tentara pendudukan zionis memasuki gedung tersebut, Tsabit menembaki mereka dengan senjatanya di kedua tangan dan berhasil memporak-porandakan barisan tentara zionis.

Setelah bentrokan berjam-jam lamanya, akhirnya peluru mengenai tubuh Tsabit. Kemudian pasukan pendudukan Israel meledakkan gedung tempat ia bersembunyi, yang berujung pada meluasnya kobaran api ke rumah yang bersebelahan dan merusak puluhan rumah di sekitarnya akibat dahsyatnya ledakan tersebut.

Tsabit Salahudin lahir pada 3 Maret 1982 di lingkungan Al-Baraka, selatan Tulkarm, dari sebuah keluarga religius yang sebelumnya berasal dari kota Hizma, Ramallah.

Tsabit melalui semua tahapan pendidikan formalnya di Tulkarm. Di Sekolah Al-Salam dia menerima pendidikan dasar dan menengah pertama. Ia menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di Sekolah Al-Fadhiliyah, jurusan ilmu pengetahuan alam. Kemudian ia melanjutkan pendidikan tingginya di Fakultas Teknik Arsitektur, Universitas Nasional An-Najah, Nablus. (T.AAI/S: Palinfo)