Retno Marsudi Temui Menteri Luar Negeri Palestina, Tegaskan Dukungan Indonesia Untuk Palestina

Retno Marsudi Temui Menteri Luar Negeri Palestina, Tegaskan Dukungan Indonesia Untuk Palestina
Retno Marsudi dan Riyad Al-Maliki dalam Pertemuan di Yordania (Foto: twitter/Menlu_RI)

Amman, AAI - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, menemui Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al-Maliki, pada Rabu (10/2), di Ibu Kota Yordania, Amman. Al-Maliki menyambut Retno Marsudi serta delegasi yang menyertainya, ia pun memuji hubungan persaudaraan yang terhormat antara Negara Palestina dan Republik Indonesia, sebagai ikatan negara dan bangsa.

Sementara itu, Retno Marsudi menekankan pendirian Indonesia yang kokoh dan tegas dalam mendukung perjuangan Palestina dan hak-hak rakyatnya. Pendirian Indonesia tidak akan goyah hingga terealisasinya perdamaian yang adil di wilayah Palestina.

Ia menekankan pendirian Indonesia dalam menolak rencana aneksasi Israel dan hal tersebut perlu dihentikan. Ini merupakan kunjungan luar negeri pertamanya pada tahun 2021, dan ia bersikeras dalam lawatan pertamanya ini untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al-Maliki, sebagai bentuk pentingnya ikatan Indonesia dan Palestina.

Menlu Al-Maliki berterima kasih atas pendirian Indonesia dalam mendukung perjuangan kemerdekaan rakyat dan bangsa Palestina. Dalam kesempatan tersebut, Al-Maliki mengulas perkembangan terkini di wilayah Palestina, termasuk hasil pertemuan di Kairo antara faksi-faksi Palestina dan persiapan yang sedang berlangsung untuk pelaksanaan pemilihan umum legislatif dan presiden di Palestina. Terkait dengan hal tersebut, ia menghimbau kepada pihak Indonesia untuk ikut memantau jalannya proses pemilu.

Dampak pandemi Covid-19 pun sempat disinggung dalam pertemuan kedua menteri tersebut, “Indonesia berkomitmen untuk memberikan 2,3 juta dolar AS untuk Palestina melalui berbagai mekanisme secara bilateral maupun melalui UNWRA dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC),” ucap Retno dalam konferensi pers bersama Al-Maliki. Dikatakannya, dana tersebut dapat digunakan untuk penanggulangan Covid-19 di Palestina dan bisa dicairkan di semester pertama tahun ini.

Retno, yang juga co-chairman program pengadaan vaksin global untuk negara-negara anggota COVAX AMC Engagement Group, menyoroti pentingnya memastikan akses yang adil dan merata terhadap vaksin Covid-19 untuk semua negara, termasuk Palestina. (T/S: Maannews)