Rakyat Sudan Bakar Bendera Zionis dan Demo Pemerintah

Rakyat Sudan Bakar Bendera Zionis dan Demo Pemerintah

Khartoum, AAI - Rakyat Sudan pada Rabu (03/02) menggelar aksi unjuk rasa di berbagai wilayah Sudan. Mereka menyerukan pengunduran diri pemerintahan transisi yang dipimpin oleh Abdullah Hamduk atas kondisi ekonomi dan kehidupan yang buruk di Negara tersebut. Mereka juga mengecam normalisasi yang telah resmi dilakukan oleh Sudan dan Israel.

Mereka berunjuk rasa dengan slogan “sejuta umat 3 Februari” dan menutup sejumlah ruas jalan utama di berbagai wilayah Sudan, termasuk Al-Qadarif, Kordofan Selatan dan Negara Bagian Utara. Mereka turut membakar bendera Zionis Israel sebagai penolakan atas normalisasi yang telah diumumkan oleh Amerika Serikat, antara Sudan dan Tel Aviv.

Ratusan pengunjuk rasa di Al-Qadarif mengangkat spanduk yang mengecam kondisi kehidupan dan ekonomi yang memburuk. Mereka menyerukan pengunduran diri pemerintahan transisi di Sudan.

Menurut saksi mata, pasukan keamanan menembakkan tabung gas air mata untuk membubarkan demonstran yang membakar ban yang menutup jalan-jalan utama Al-Qadarif, sebagaimana yang diberitakan Anadolu.

Sebagai respon akan aksi protes ini, Pemerintah wilayah Al-Qadarif di Sudan mengumumkan penutupan jalan utama serta pusat perbelanjaan oleh pihak berwenang sebagai bentuk perlindungan fasilitas umum dan pribadi serta pengendalian situasi. (T/S: Palinfo)