Perbaikan dan Pemeliharaan Masjid Al-Aqsa Dilanjutkan

Perbaikan dan Pemeliharaan Masjid Al-Aqsa Dilanjutkan

Amman, AAI - Pemerintah Yordania telah mengumumkan dimulainya kembali pekerjaan perbaikan di kompleks Masjid Al-Aqsa, Al-Quds, beberapa hari setelah pekerjaan dihentikan oleh pasukan Israel.

Pengumuman itu muncul dalam pertemuan pada Rabu (27/01) antara Menteri Luar Negeri Yordania Ayman al-Safadi dengan anggota Komite Palestina di parlemen. Perbaikan yang dilakukan meliputi seluruh kawasan kompleks Al-Aqsa, termasuk Masjid Kubah Emas, Masjid Al-Qibli dan Masjid Al-Marwani yang berada di dalam kawasan tersebut.

Pekerjaan perbaikan dilanjutkan setelah upaya diplomatik Pemerintah Yordania,” ucap Menteri al-Safadi, menegaskan kembali dukungan kuat negaranya untuk perjuangan Palestina.

Pada Ahad lalu (24/01), pasukan Israel mencegah pekerja melakukan kerja perbaikan di Masjid Kubah Emas di kompleks Al-Aqsa. Tel Aviv tidak menyebutkan alasan penghentian pekerjaan tersebut.

Departemen Wakaf Islam yang dikelola oleh Pemerintah Yordania bertanggung jawab untuk mengawasi situs-situs suci umat Islam dan Kristen di Al-Quds di bawah perjanjian damai tahun 1994 antara Yordania dan Israel.

Israel menduduki Al-Quds Timur, di mana Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel tahun 1967. Mereka juga mencaplok seluruh kota Al-Quds pada tahun 1980 dalam sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional. (T/S: Anadolu)