PBB: Israel Harus Segera Hentikan Penghancuran Rumah Warga Palestina

PBB: Israel Harus Segera Hentikan Penghancuran Rumah Warga Palestina

Tepi Barat, AAI - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, Israel harus segera menghentikan semua penghancuran rumah dan properti milik warga Palestina. Lynn Hastings, Koordinator Residen PBB untuk Wilayah Pendudukan Palestina, pada Rabu (24/2) memperingatkan dalam pernyataannya bahwa terdapat “situasi di mana tekanan diberikan kepada komunitas Palestina untuk pergi dari tanah mereka, yang membawa risiko nyata penggusuran paksa.”

Hastings, selepas kunjungannya ke Khirbat Hamsa Al-Fawqa di Al-Aghwar utara kemarin, mengatakan bahwa tindakan keji Israel terhadap komunitas Palestina terus berlanjut meskipun warga Palestina telah “menempuh upaya melalui prosedur hukum domestik. Maka, sesuai dengan ketentuan hukum internasional, Otoritas Israel seharusnya segera menghentikan semua aktivitas pembongkaran rumah dan properti milik warga Palestina.”

“Tenda, perbekalan, tangki air dan pakan ternak milik warga Palestina (di Khirbat Hamsa Al-Fawqa) semuanya telah disita oleh Israel, meskipun masyarakat internasional berulang kali menyerukan penghentian tindakan tersebut sesuai dengan hukum internasional,” tambahnya, seperti yang dilansir situs berita Paltimeps.

Ia menekakan kepada Otoritas Israel agar mengizinkan komunitas dan organisasi kemanusiaan menyediakan tempat berlindung, makanan dan minuman bagi kelompok rentan ini yang rumahnya sudah dihancurkan, dan juga mengizinkan bagi warga Palestina lainnya untuk tetap tinggal di kediaman mereka. (T/S: Paltimeps)