Masjid Al-Aqsa Akan Dibuka untuk Umum Pada Ramadhan Tahun Ini

Setelah sebelumnya pada Ramadhan tahun lalu ditutup untuk umum karena pandemi Covid-19

Masjid Al-Aqsa Akan Dibuka untuk Umum Pada Ramadhan Tahun Ini

Al-Quds, AAI - Departemen Wakaf Islam Al-Quds pada hari Selasa (23/2) mengumumkan dibukanya Masjid Al-Aqsa untuk jama’ah umum selama bulan Ramadhan mendatang, yang akan dimulai pada pertengahan April tahun ini, setelah sebelumnya pada Ramadhan tahun lalu ditutup untuk umum karena pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Departemen Wakaf Islam dan Urusan Masjid Al-Aqsa, Azzam Al-Khatib, melalui pernyataan tertulisnya, sebagaimana dilansir Anadolu, membenarkan bahwa pengurus Masjid Al-Aqsa telah bersiap untuk “menyambut bulan suci (Ramadhan), dan pintu Masjid Al-Aqsa akan dibuka untuk jama’ah umum.”

Departemen Wakaf, yang merupakan penanggung jawab pengelola Masjid Al-Aqsa yang berada di bawah Kementerian Wakaf Yordania, menangguhkan sementara datangnya jama’ah ke Al-Aqsa pada Ramadhan tahun lalu dikarenakan pandemi Covid-19.

Biasanya Masjid Al-Aqsa saat bulan Ramadhan dipenuhi oleh puluhan ribu jama’ah. Dan ketika puncaknya pada hari Jum’at, jumlah jama’ah dapat mencapai sekitar 150 ribu. Sementara pada Ramadhan tahun lalu, Masjid Al-Aqsa hanya dimakmurkan oleh pengurus dan penjaganya yang berjumlah 15 orang saja.

Virus Corona pada tahun ini masih merebak di tengah penduduk Palestina di Al-Quds Timur dan desa-desa Palestina lainnya. Namun diperkirakan akan ada kemungkinan penurunan jumlah kasus positif Covid-19 dengan adanya vaksinasi.

Di sisi lain, Israel terus memberlakukan pembatasan kepada warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza, agar mereka tidak dapat pergi menuju Masjid Al-Aqsa. (T/S: Anadolu, Palinfo)