Duka di Al-Aqsa. Syeikh Abu Ayman “Abu Hurairah Al-Aqsa” Meninggal Dunia

Duka di Al-Aqsa. Syeikh Abu Ayman “Abu Hurairah Al-Aqsa” Meninggal Dunia

Senin (18/01) sore, Syeikh Ghassan Yunus Abu Ayman yang dikenal sebagai “Abu Huraihah Al-Aqsa” (Bapak Kucing Al-Aqsa) telah wafat. Beliau adalah warga Palestina yang berasal dari Desa Ara. Beliau wafat setelah menderita covid-19 sebagaimana yang dilansir surat kabar Palestina, Sama.

Abu Hurairah Al-Aqsa selama bertahun-tahun lamanya telah mendedikasikan dirinya untuk Masjid Al-Aqsa, sehingga ia dikenal sebagai salah satu tokoh Al-Aqsa. Semua pengurus dan perindu Masjid Al-Aqsa pun mengenalinya. Para jama’ah menjulukinya sebagai “Abu Hurairah Al-Aqsa” karena konsistensinya untuk memberikan makan kucing dan burung yang berada di pelataran Masjid Al-Aqsa.

Kucing-kucing di Masjid Al-Aqsa mengenalinya, berkumpul di sekitarnya dan menemaninya. Sebagaimana para jama’ah dan pengunjung Masjid Al-Aqsa mengenalinya. Beliau selalu menemui kucing-kucing tersebut dengan senyuman di wajahnya.

Begitu beliau memasuki Gerbang Huta, tempat beliau biasanya memasuki Al-Aqsa, kucing-kucing itu akan berlarian dan menemaninya hingga mereka mencapai pelataran Masjid Kubah Emas untuk mendapatkan makanan sehari-hari.

Syeikh Ghassan Yunus telah mendedikasikan dirinya untuk Masjid Al-Aqsa, lima kali dalam sepekan selama 20 tahun, meski jarak dari kediamannya di Ara menuju ke sana jauh, hingga harus beliau tempuh dengan mobil.

Selamat jalan Abu Hurairah Al-Aqsa. Al-Quds dan rakyatnya akan merindukanmu. Al-Aqsa akan merindukanmu. Dan kucing-kucing pun akan merindukanmu. (T.AAI/S: Palinfo)